informasi
Urug Squad KKN INAIS 2019

KKN INAIS 2019

Kelompok 06 Urug Squad (US)

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Sahid (INAIS) 2019 terdiri dari 9 (sembilan) kelompok dari 3 fakultas berbeda. Kelompok KKN INAIS tersebar di 3 (tiga) Kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Salah satu diantaranya dalah kelompok 06 yang ditempatkan di Desa Urug Kecamatan Sukajaya Kabupaten  Bogor. Kelompok 6 terdiri dari 11 mahasiswa dari fakultas yang berbeda, diantaranya mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Fakultas Ekonomi yang bergabung menjadi kelompok 6 dengan nama US (Urug Squad). Terdengar seperti nama sebuah negara Barat yang terkenal dengan kemajuan dari berbagai lini kehidupan, US tak kalah juga dengan United States yang dibentuk dengan tujuan selaras yaitu untuk membuat perubahan dan menciptakan sejarah baru didalam dunia Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM).

US terdiri dari orang-orang dengan latarbelakang yang berbeda, namun menurut kami perbedaan bukan sebuah alasan kami untuk tidak kompak dalam segala hal. Menurut kami perbedaan adalah perhiasan yang paling berharga dalam rumah kami, segala bentuk perbedaan yang nampak bagi kami adalah sebuah pengikat kekeluargaan kami selama KKN di Desa Urug.

Kelompok kami terdiri dari : Anggi Muhammad Fahrudin, Muhammad Sandi Irfanudin, Muhamad Farid Dudin, Kiki Hilmiah, Linda Luvitha Dewi, Dini Nurul Sya’adah, Intan Syafarena, Suriyani, Fani Haniyyah Arifin, Putri Dwi Jayanti Tresna, dan Rida Utami.

Pada tanggal 04 Agustus 2019 di Kampung Adat Urug Desa Urug Kecamatan Sukajaya, disitulah kehidupan baru kami dimulai. Dengan bekal materi dan immateri yang kami bawa terutama teori dan ilmu yang siap kami implementasikan sebagai wujud realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi kami melangkah dari gerbang kampus INAIS tercinta menuju kehidupan yang nyata kami hadapi bersama masyarakat.

KKN INAIS tahun ini menggagas tema “Pengembangan Pendidikan, Teknologi, dan Ekonomi Kreatif dalam Upaya Penguatan Kawasan Geopark”. Tema yang di gagas sangat relevan dengan wilayah KKN US yaitu di kawasan Geopark Pongkor yang lebih relevannya lagi Kampung Adat Urug yang kami tempati selama KKN merupakan central Kawasan Geopark pongkor. hal ini menjadi peluang bagi kami mahasiswa KKN US agar bisa ikut berkontribusi aktif dalam pembangunan dan pengembangan kawasan Geopark Pongkor bekerjasama dengan masyarakat dan pemerintah sebagai perwujudan seorang mahasiswa yang berlaga Agen Of Change peluang itu ada di Desa Urug.

KKN yang kami tempuh selama 40 hari dengan bekal program yang telah kami susun dari hasil observasi yang kami lakukan sebelum terjun ke lapangan. Program-program berkenaan dengan pendidikan, teknologi dan komunikasi yang pasti program tersebut relevan dengan tema yang di gagas oleh kampus INAIS. Program pendidikan yang kami buat dengan sasaran anak-anak /pelajar yang ada di Desa urug khususnya di Kampung Urug Leubak yang padat dengan penduduknya. Jumlah pelajar dan anak-anak relatif lebih mendominasi kampung ini sehingga program pendidikan dan pengajaran di utamakan upaya meningkatkan kualitas pendidikan Desa Urug dan generasi penerusnya. Program teknologi dengan wujud Desa Digital selaras dengan program pemerintah yang mencanangkan Desa Digital Era Industri. Program desa digital kami fokuskan kepada pemerintah desa, karena dalam hal ini secara politis, pemerintah desa memiliki potensi eksekutif dalam penyelenggaraan program teknologi sehingga memudahkan pada proses sosialisasi kepada masyarakatnya. Program Ekonomi Kreatif menyentuh langsung kepada lapisan masyarakat seperti kelompok ibu-ibu yang memiliki potensi kreatifitas yang bisa dijadikan capital peningkatan ekonomi masyarakat Urug.

Program-program tersebut diatas relevan dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat desa Urug. Desa yang memiliki SDM cukup banyak harus dioptimalkan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat melalui program-program seperti diatas. Dengan pemberdayaan masyarakat di desa yang cukup banyak memiliki SDM akan meningkatkan kualitas dan kuantitas produktivitas Desa itu sendiri.



© 2005-2019 Desa Urug Jaya | Sukamaju Kabupaten Bogor